Takut Kekurangan Rezeki?

Posted on 1,054 views
Takut Kekurangan Rezeki?, REZEKI ITU JAMINAN ALLAH, Rezeki, Rizki, Syukur, Kajian Islam, Renungan Islam, Motivasi Islam, Jurnal Islampedia, jurnalislampedia.id, Info Seputar Dunia Islam,
jurnalislampedia.id

Rezeki bukanlah sekumpulan angka-angka; rezeki adalah pintu masuk keberkahan yang dicurahkan pada hati-hati yang terlatih untuk berbahagia dengan penerimaan sepenuh tulus akan sebuah ketetapan, bukan pada yang menginginkan lebih, sedang apa yang dilakukan tak sepadan.

Hakekat dari rezeki kita adalah apa yang kita konsumsi dan yang kita manfaatkan. Sementara yang kita kumpulkan belum tentu menjadi jatah rezeki kita.

  • Kucing sangat takut air, tapi makanan favoritnya ikan.
  • Katak tidak bisa terbang, tapi makanan favoritnya yang terbang-terbang (nyamuk, laron, dll).
  • Undur-undur jalannya mundur tidak bisa maju, jika lapar ia membuat pusaran di tanah lalu tawakkal menunggu ada hewan yang terperangkap.
  • Laba-laba jika ia lapar maka tinggal membuat sarang lalu diam menunggu mangsa terperangkap.

Begitu besarnya ikan paus di laut atau begitu besarnya gajah di darat. Lalu, apakah mereka ada masalah dengan rezeki hingga kelaparan? Faktanya belum pernah kita dengar hewan mati kelaparan.

Lalu mengapa kita manusia berakal yang bisa berenang bahkan terbang masih takut kekurangan rezeki? Hingga meninggalkan sholat, puasa dan ibadah lainnya dengan alasan sibuk mencari rezeki tapi melupakan sang pemberi rezeki.

Kita manusia lebih baik dan lebih cerdas dibandingkan hewan-hewan tersebut. Seharusnya yang kita takutkan bukan kekurangan rezeki, karena rezeki sudah dijamin oleh Allah Ta’ala. Bahkan tidak akan dicabut nyawa seorang manusia manakala rezekinya belum diberikan semuanya.

Sebagaimana Allah berfirman, yang artinya:
Dan tidak satupun makhluk bergerak di bumi melainkan dijamin Allah rezekinya.” (QS. Hud:6)

Yang perlu kita takutkan adalah kekurangan iman, ilmu dan amal sholeh.

Wallahu’alam.

Baca juga: Rezeki itu Jaminan Allah

Sumber Referensi: konsultasisyariah, islampos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *